Jumat, 30 Oktober 2009

manfaat SIM

manfaat sim

1. Analisa saya terhadap makna SIM , jika dikaitkan dengan peran sarana dan SDM di sekolah, adalah :
Penggunaan komputer untuk membuat administrasi sekolah baik untuk kepala sekolah, guru, maupun siswa. Seperti laporan bulanan termasuk penginputan data-data nilai akademik siswa, surat-surat yang berhubungan dengan murid (Surat Keterangan, Undangan, Pemberitahuan) data-data siswa, data penerimaan siswa baru. Sedangkan untuk pembayaran SPP, pengagendaan surat masuk-keluar, penyusunan jadwal piket guru harian, data mutasi murid, daftar urut kepangkatan, buku penghubung, pengumuman-pengumuman, dilakukan dengan sistem manual (data yang ditulis di papan data).
Para staf pengajar maupun TU sudah mampu membuat laporan-laporan menggunakan aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Power Point.
Rata-rata staf pengajarnya lulusan S1 PAI dan DII PGSD.
Tenaga Pengajar masih kurang jumlahnya, namun karena adanya pengangkatan guru untuk tahun ajaran ini, maka diperkirakan dapat menutupi jumlah kekurangan tersebut.
Staf pengajar tetap menjalankan SIM secara manual dalam membuat laporan yang sederhana.

2. Manfaat Sistem Informasi Manajemen bagi sekolah, antara lain :
Mempermudah proses penjadwalan,
Memperkenalkan dunia IT secara dini kepada siswa,
Pengelolaan Kepegawaian akan semakin mudah dan cepat,
Informasi alumni, siswa lulus, siswa DO, siswa meninggal dunia akan tercatat data Historynya,
Bagian administrasi, Kepala Sekolah akan semakin mudah menyusun rencana jangka pendek, jangka panjang, untuk meningkatkan Mutu Sekolah,
Mempermudah proses akumulasi nilai ; nilai harian, nilai tengah semester, nilai akhir semester,
Pembuatan transkip nilai baik berupa raport maupun print out biasa,
Wali kelas dapat mengontrol hasil akademik siswanya secara mudah dan cepat,
Laporan Keuangan akan otomatis terbentuk, dan disesuaikan dengan kebutuhan Pembukuan Sekolah,
Proses penerimaan siswa baru akan semakin cepat dan akurat,
Informasi quota penerimaan dan nilai minimal akan selalu Real Time dihadapan Wali Murid,
Rangking berdasarkan Nilai, otomatis akan terbentuk,
Jurnal informasi penerimaan siswa baru akan otomatis terbentuk,
Laporan statistik berdasarkan Nilai, Jenis Kelamin, Umur, Pekerjaan, Orang Tua, Alamat asal akan terbentuk otomatis, dan
Mempermudah proses penyusunan laporan yang diminta oleh pihak DINAS PENDIDIKAN.

3. Langkah-langkah perencanaan dan pengembangan implementasi SIM di sekolah, antara lain :
Diperlukan suatu dukungan kebijakan ; Sekolah mengeluarkan kebijakan untuk mengedepankan pengintegrasian TIK untuk pembelajaran. Misalnya melalui pencanangan visi, misi, peraturan dan rencana induk/rencana strategis sekolah ke depan.
Penyiapan SDM ; Sekolah mengembangkan ICT literacy para guru dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran (termasuk berbagi strategi/metode pembelajaran yang efektif). Hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan, pengiriman mengikuti loka karya atau seminar, terlibat aktif dalam komunitas jaringan di sekolah. Di samping itu, sekolah juga harus menyiapkan tenaga teknis dalam bidang TIK untuk pembelajaran.
Penyiapan fasilitas ; sekolah menyiapkan fasilitas yang kondusif agar dapat mendapatkan aneka sumber dengan menyiapkan beberapa fasilitas seperti, perpustakaan (cetak dan non-cetak), komputer yang terhubung dengan LAN, koneksi internet, VCD/DVD player plus televisi, serta komposisi ruang kelas.
Penyediaan software pembelajaran; penyediaan software pembelajaran seperti buku, modul, LKS, program audio cassette, VCD/DVD, CD-ROM interaktif, dan lain-lain dapat dilakukan dengan cara membeli produk yang telah ada di pasar atau memproduksi sendiri.
Penyiapan tenaga teknis ; fasilitas TIK yang ada di sekolah hendaknya didukung oleh beberapa tenaga teknis yang memiliki keahlian atau keterampilan dalam mengelola dan memelihara peralatan tersebut.
Menyiapkan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak dan SDM dalam kaitannya dengan pengembangan SIM yang fungsional.

4. Masalah-masalah kursial (Gawat) yang dihadapi dalam pengembangan SIM pendidikan, yaitu :
Pengguna tidak familiar dengan software SIM tersebut,
Maintenance dan kesalahan-kesalahan program tidak bisa diatasi langsung oleh pemakai (pengguna Software SIM),
Hardware, yakni berkaitan dengan teknologi dan infrastuktur. Terbatasnya hardware dan software serta masih sedikitnya instansi sekolah yang terhubung pada jaringan baik lokal (LAN) maupun global (Internet) menyebabkan perkembangan tidak dapat berjalan lancar,
Brainware, yakni Sumber Daya Manusia, yakni kemampuan para pengajar maupun staff dalam menggunakan internet yang masih sangat terbatas,
Kesiapan SDM (ICT literacy dan kompetensi guru),
Ketersedian fasilitas TIK,
Ketersediaan bahan belajar berbasis aneka sumber, dan
Keberlangsungan (sustainability) karena keterbatasan dana

5. Aspek-aspek yang perlu mendapat perhatian dalam pengembangan atau perancangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, adalah :
Aspek Pemerataan dan Perluasan Akses
a. Mengembangkan program-program pendidikan akademik, dan profesi
b. Meningkatkan kerjasama dengan sekolah-sekolah / lembaga mitra untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas
c. Meningkatkan kerjasama dengan pemerintah provinsi dan kota/kabupaten dan lembaga lain untuk memperluas kesempatan belajar.
Aspek Mutu, Relevansi dan Daya Saing
Dalam rangka mencapai mutu pendidikan yang baik, harus dilaksanakan dengan penerapan teknologi yang tepat. Penerapan teknologi dalam pendidikan di era global informasi tidak lain adalah bentuk aplikasi jenis- jenis teknologi informasi mutakhir dalam praktek pendidikan. Proses belajar mengajar yang menerapkan teknologi informasi mutakhir dapat berupa penggunaan media elektronik seperti radio, TV, internet dan sistem jaringan komputer, serta bentuk-bentuk teledukasi lainnya. Pemilihan jenis media sebagai bentuk aplikasi teknologi dalam pendidikan harus dipilih secara tepat, cermat dan sesuai kebutuhan, serta bermakna bagi peningkatan mutu pendidikan kita.
• Meningkatkan relevansi kurikulum dan kualitas pembelajaran
• Meningkatkan pendayagunaan TIK dalam pendidikan
• Meningkatkan kreativitas, entrepeneurship, dan kepemimpinan siswa

Aspek Peningkatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Citra Publik
Diperlukan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu meningkatkan pelayanan dan mendukung penyediaan informasi dan pelaporan bagi penentu kebijakan pendidikan dan pemangku kepentingan serta penyelenggaraan pembelajaran secara tepat, transparan, akuntabel, dan efisien.
Hal ini dapat dilakukan dengan cara :
1) Peningkatan peran pengawas pendidikan,
2) Peningkatan infrastruktur manajemen pendidikan, dan
3) Peningkatan Pemanfataan TIK dalam tata kelola pendidikan.
Meningkatkan Kualitas
Dalam persiapan menuju sekolah berstandar internasional (SBI) ini telah memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses belajar mengajar. Bantuan peranti lunak dan perangkat keras dari pemerintah akan membantu meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah.
Aspek Penataan dan Pengelolaan Pendidikan.
Dunia pendidikan juga memerlukan pengelolaan informasi yang baik. Pengelolaan informasi siswa, guru, pegawai, mata pelajaran, laboratorium, dan lain sebagainya dapat dilakukan secara baik bila ada sistem pengelolaan informasi yang baik. Banyak sekali manfaat yang dirasakan bila terdapat sistem informasi yang baik, diantaranya adalah pencarian data dapat dilakukan dengan mudah, pengelolaan data menjadi lebih efesien, tidak ada duplikasi data dan lain sebagainya. Jika tidak ada sistem informasi yang baik maka hal-hal seperti itu sulit untuk dilakukan. Untuk menjamin kesinambungan dari perubahan dan perbaikan yang dicapai, perlu dikembangkan sebuah program pelatihan untuk lembaga-lembaga pelatihan guru, baik sebelum maupun setelah mulai mengajar.
Pengembangan pendekatan manajemen Sistem Informasi (Information System / IS) yang terarah pada organisasi kami merupakan bentuk pengaruh evolusi teknologi terhadap dunia usaha dewasa ini. Peran penting sistem informasi terhadap kinerja bisnis kami, pengembangan sumber daya manusia dan nilai tambah lainnya, terutama bagi pemegang saham, membutuhkan tim yang berdedikasi tinggi dan profesional dalam bidang manajemen sistem informasi.
Tantangan akan muncul sesuai dengan kebutuhan. Setiap tantangan harus ditangani sesuai prioritas guna menjamin kepuasan terhadap jasa layanan pelanggan dalam skala bisnis yang luas. Perusahan kami menggunakan sistem terintegrasi yang menghubungkan seluruh aspek bisnis. Terlepas dari fokus dari aktifitas baik berupa supply chain, financial, atau yang berhubungan langsung dengan kegiatan penjualan, manfaat dari sistem informasi akan dirasakan oleh seluruh komunitas bisnis kami.
Salah satu manfaat terpenting dari investasi CCBI pada teknologi sistem informasi selama lima tahun terakhir adalah dengan meningkatnya kemampuan karyawan di seluruh level organisasi kami.
Masa depan akan menjelang. Teknologi akan terus berkembang dan menciptakan peluang baru untuk peningkatan produktifitas sumber daya manusia.
Kemampuan karyawan kami untuk menggunakan informasi akan terus meningkat, kualitas infrastruktur publik akan meningkat, dan pelanggan kami akan membangkitkan kebutuhan akan layanan baru seiring kemajuan teknologi. Seluruh hal tersebut membutuhkan dukungan dari tim yang profesional dalam organisasi kami.
Departmen IS akan melanjutkan kemitraannya dengan pimpinan dari setiap lini bisnis internal,
serta ikut membantu proses evolusi guna meningkatkan kualitas investasi sistem informasi di perusahaan kami, dan pada akhirnya untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan.


Pengembangan pendekatan manajemen Sistem Informasi (Information System / IS) yang terarah pada organisasi kami merupakan bentuk pengaruh evolusi teknologi terhadap dunia usaha dewasa ini. Peran penting sistem informasi terhadap kinerja bisnis kami, pengembangan sumber daya manusia dan nilai tambah lainnya, terutama bagi pemegang saham, membutuhkan tim yang berdedikasi tinggi dan profesional dalam bidang manajemen sistem informasi.
Tantangan akan muncul sesuai dengan kebutuhan. Setiap tantangan harus ditangani sesuai prioritas guna menjamin kepuasan terhadap jasa layanan pelanggan dalam skala bisnis yang luas. Perusahan kami menggunakan sistem terintegrasi yang menghubungkan seluruh aspek bisnis. Terlepas dari fokus dari aktifitas baik berupa supply chain, financial, atau yang berhubungan langsung dengan kegiatan penjualan, manfaat dari sistem informasi akan dirasakan oleh seluruh komunitas bisnis kami.
Salah satu manfaat terpenting dari investasi CCBI pada teknologi sistem informasi selama lima tahun terakhir adalah dengan meningkatnya kemampuan karyawan di seluruh level organisasi kami.
Masa depan akan menjelang. Teknologi akan terus berkembang dan menciptakan peluang baru untuk peningkatan produktifitas sumber daya manusia.
Kemampuan karyawan kami untuk menggunakan informasi akan terus meningkat, kualitas infrastruktur publik akan meningkat, dan pelanggan kami akan membangkitkan kebutuhan akan layanan baru seiring kemajuan teknologi. Seluruh hal tersebut membutuhkan dukungan dari tim yang profesional dalam organisasi kami.
Departmen IS akan melanjutkan kemitraannya dengan pimpinan dari setiap lini bisnis internal,
serta ikut membantu proses evolusi guna meningkatkan kualitas investasi sistem informasi di perusahaan kami, dan pada akhirnya untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan.
Pengembangan pendekatan manajemen Sistem Informasi (Information System / IS) yang terarah pada organisasi kami merupakan bentuk pengaruh evolusi teknologi terhadap dunia usaha dewasa ini. Peran penting sistem informasi terhadap kinerja bisnis kami, pengembangan sumber daya manusia dan nilai tambah lainnya, terutama bagi pemegang saham, membutuhkan tim yang berdedikasi tinggi dan profesional dalam bidang manajemen sistem informasi.
Tantangan akan muncul sesuai dengan kebutuhan. Setiap tantangan harus ditangani sesuai prioritas guna menjamin kepuasan terhadap jasa layanan pelanggan dalam skala bisnis yang luas. Perusahan kami menggunakan sistem terintegrasi yang menghubungkan seluruh aspek bisnis. Terlepas dari fokus dari aktifitas baik berupa supply chain, financial, atau yang berhubungan langsung dengan kegiatan penjualan, manfaat dari sistem informasi akan dirasakan oleh seluruh komunitas bisnis kami.
Salah satu manfaat terpenting dari investasi CCBI pada teknologi sistem informasi selama lima tahun terakhir adalah dengan meningkatnya kemampuan karyawan di seluruh level organisasi kami.
Masa depan akan menjelang. Teknologi akan terus berkembang dan menciptakan peluang baru untuk peningkatan produktifitas sumber daya manusia.
Kemampuan karyawan kami untuk menggunakan informasi akan terus meningkat, kualitas infrastruktur publik akan meningkat, dan pelanggan kami akan membangkitkan kebutuhan akan layanan baru seiring kemajuan teknologi. Seluruh hal tersebut membutuhkan dukungan dari tim yang profesional dalam organisasi kami.
Departmen IS akan melanjutkan kemitraannya dengan pimpinan dari setiap lini bisnis internal,
serta ikut membantu proses evolusi guna meningkatkan kualitas investasi sistem informasi di perusahaan kami, dan pada akhirnya untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar